Wednesday 16 November 2016

Tips Mendaki Saat Musim Hujan

Pertama, patut dipahami resiko mendaki saat musim penghujan. Cuaca buruk, angin besar, kabut yg lebih sering & tentu hujan, yg bisa saja terus menerus menemani sepanjang perjalanan. Nah berikut ada sedikit tips mendaki ketika musim hujan, cekidot :

1.PERSIAPAN


a.Selalu bawa baju ganti & kaos kaki yg kering.
b.Simpan barang bawaan dalam plastik
c.Jas hujan/ponco
d.Kanebo : Untuk mempermudah proses pengeringan sepatu yg basah,bagian dalam tenda yg kemasukan air, atau apapun yg perlu dikeringkan.
e.Flysheet : Untuk jaga2 jika berada di area terbuka atau untuk istirahat sementara. Selain itu berguna untuk melapisi bagian luar tenda.
f.Bekal makanan yang cukup.

2.DALAM PENDAKIAN


a.Jangan Memaksakan Diri.
Badai, tanah longsor, pohon tumbang, potensi sambaran petir, cuma beberapa dari potensi bahaya mendaki ketika hujan lebat. Kalau merasa tidak yakin akan keamanan perjalanan, lebih baik tidak usah memaksakan diri.Usahakan selalu bertanya kepada penduduk sekitar sebelum melakukan pendakian.

b.Selalu Fleksible
Jika cuaca memburuk selalu fleksible dalam rencana perjalanan.Sangat disarankan untuk langsung buka tenda sambil menunggu cuaca membaik. Saran yang lebih praktis mungkin adalah selalu membawa flysheet atau ponco berukuran besar sehingga bisa digunakan sebagai bivak secara cepat.

c.Segera Ganti Pakaian Yang Basah.

d.Jangan terlalu jauh jika berjalan dalam rombongan.


e.Sesaat setelah mendirikan tenda, segera buat minuman hangat. INGAT, jangan pernah membiarkan perut kosong.

Saran sih, jika memang nggak siap2 banget, lebih baik jangan ragu bilang ya, untuk setiap ajakan mendaki. Tunda dulu saja, hingga musim lebih membaik.

Nah gimana sob, ada tambahan atau koreksi mengenai PERSIAPAN mendaki saat musim hujan? Monggo ditambahkan.
Kurang lebihnya, semoga dapat bermanfaat. Salam lestari.


Sumber: @urban.hikers

No comments:

Post a Comment